Tips dan Trik Hemat Sewa Mobil Jakarta Untuk Liburan

Berlibur di kota besar memang paling mudah dengan menyewa mobil. Itulah mengapa, sewa mobil Jakarta untuk liburan keluarga kerap kali menjadi pilihan. Namun di sisi lain, sebelum Anda mulai mencari sewa mobil di Jakarta untuk liburan bersama keluarga, maka ada beberapa tips dan trik penting yang harus diperhatikan seperti yang kami sebutkan di bawah ini.

Kami sudah menyebutkan bahwa mencari rental mobil Jakarta yang terpercaya menjadi satu hal paling utama. Namun selain itu, masih ada sederet hal lain yang harus diperhatikan untuk mendapatkan harga murah ketika rental mobil Jakarta. Di bawah ini kami akan memberikan tips dan trik yang sangat layak untuk diperhatikan.

1. Perhatikan tipe mobil

Ketika melakuan sewa mobil Jakarta untuk liburan, pertama-tama pastikan tipe mobil yang ingin dirental lebih dulu. Mobil untuk liburan tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kendaraan yang Anda gunakan sehari-hari. Kendaraan yang akan digunakan untuk liburan ini sebaiknya disesuaikan dengan berapa orang yang berpergian bersama Anda juga lokasi liburan yang akan dikunjungi. Di Jakarta misalnya, ada beberapa lokasi yang kerap didatangi untuk berlibur. Mulai dari di pantai di Ancol hingga di pegunungan.

Untuk pergi ke pantai, tentunya lebih baik bila mencari kendaraan dengan ruang bagasi yang luas. Sedangkan untuk berpergian ke pegunungan, menggunakan kendaraan yang tangguh bisa menjadi pilihan. Sekali lagi, tentukan lebih dulu kendaraan yang ingin disewa dengan kebutuhan. Menentukan kendaraan yang akan disewa untuk liburan memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya lebih hemat.

Bayangkan saja bila Anda menggunakan kendaraan setipe city car untuk berlibur ke pegunungan. Resiko kendaraan rusak menjadi jauh lebih besar yang akhirnya justru akan merugikan Anda sendiri.

2. Pastikan menggunakan asuransi

Musim liburan berarti beberapa hal. Pertama resiko kecelakaan lebih besar karena arus lalu lintas yang lebih padat. Selain itu, waktu perjalanan yang lebih panjang pun beresiko membuat mobil lebih mudah rusak. Untuk itu, ketika melakukan sewa mobil Jakarta yang tujuannya untuk berlibur memang dianjurkan untuk menggunakan asuransi.

Ada beberapa keuntungan bila menggunakan asuransi pada penyewaan mobil. Terutama untuk berlibur. Keuntungan pertama tentunya penanggungan sepenuhnya pada kerusakan mobil. Menggunakan asuransi berarti Anda tak perlu keluar uang bila terjadi kerusakan dalam bentuk apapun pada kendaraan yang disewa. Asuransi akan langsung menanggung biaya kerusakan tersebut kepada pihak perusahaan penyewaan kendaraan.

Selain itu, bila terjadi kecelakaan pun akan menjadi tanggungan sepenuhnya dari pihak asuransi. Ini berarti pihak asuransi akan menanggung biaya kerusakan mobil yang diakibatkan kerusakan hingga kerugian yang diakibatkan dari kecelakaan tersebut. Termasuk katakan saja seperti biaya pengobatan pengumudi dan korban serta kerusakan dalam bentuk lainnya.

Namun di sisi lain penting diingat bahwa asuransi memberikan beban biaya yang lebih tinggi pada biaya sewa yang dikeluarkan.

3. Jangan ragu untuk meminta upgrade

Kembali pada poin pertama, Anda mungkin sudah menentukan jenis kendaraan apa yang ingin disewa untuk liburan kali ini. Namun penting diperhatikan bahwa pada musim liburan, perusahaan penyewaan kerap kali terjadi over book. Dimana akan ada beberapa orang yang melakukan booking kendaraan pada saat yang sama dan menjadikan perusahaan kekurangan kendaraan untuk disewakan. Bila over book terjadi pada Anda ketika sudah menyelesaikan proses reservasi, jangan ragu untuk meminta upgrade kepada pihak perusahaan penyewaan.

Perusahaan biasanya akan menyediakan pilihan untuk upgrade kendaraan dalam masa over book. Dimana nantinya akan ada konpensasi dari perusahaan karena Anda tak bisa mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Hingga akhirnya, terpaksa mendapatkan tipe lain. Untuk itu jangan mau merugi dan langsung pilih kendaraan dengan tipe yang lebih tinggi. Tak ada salahnya bukan?

Over book memang bukan lagi hal yang aneh di dunia persewaan kendaraan. Untuk itu, jangan mau merugi dan mendapatkan tipe mobil yang lebih tinggi.

4. Perhatikan tanggal pengembalian

Melakukan sewa mobil Jakarta untuk liburan berarti Anda tak akan menghabiskan banyak waktu. Untuk itu pastikan tanggal pengembalian pas atau bahkan sebelu waktu dimana Anda harus meninggalkan Jakarta. Waktu pengembalian ini penting sekali untuk diperhatikan karena seringkali perusahaan penyewaan akan membebankan denda bila pengembalian sebelum atau bahkan sesudah waktu yang sudah ditentukan.

Belum lagi, Anda juga merugi karena uang deposit yang diberikan tak bisa kembali. Jadi benar-benar perhatikan kapan Anda seharusnya mengembalikan kendaraan mobil yang dipinjam tersebut.

Tak ragu lagi bukan untuk menyewa mobil untuk liburan di Jakarta? Terlebih sering kali juga ada paket khusus untuk menyewa mobil untuk liburan yang diberikan oleh perusahaan penyewaan kendaraan. Paket ini biasanya memang ditujukan untuk mereka yang berniat berlibur di kota besar  seperti di Jakarta.